Wednesday, November 27, 2019

Obat tradisional ampuh sembuhkan rematik dan sebagai terapi

Pada umumnya kebanyakan orang mengobati rematik dengan cara yang alami, dengan alasan tidak meengandung kimia dan tidak membahayakan penderita. Namun sampai saat ini belum ada obat yang benar-benar bisa bekerja secara maksimal mengatasi rematik.
susmber : http://www.infoglobalkita.com/
Anjuran medis menetapkan pola hidup sehat sekaligus menggunakan obat pereda rasa nyeri. Dan penggunaan obat herbal pun senantiasa harus berhati-hati.
Obat-obatan untuk mengatasi rematik secara alami ada beberapa jumlah yang sudah diketahaui memiliki sifat anti peradangan, dan tidaka dipungkirinyaa akan sangat membantu guna mengurangi rematik meskipun masih membututhkan penelitian yang lanjut demi membuktikan seberapa jauh efektifnya bahan tersebut digunakan obat rematik yang alami.

Jenis-jenis Herbal yang Banyak sekali Dimanfaatkan
Salah satunya yaitu jahe, dimana jahe ini merupakan bahan rempah yang sangat dipercaya banyak memiliki sifat anti peradangan karena tersismpan kandungan senyawa Gingerol (bahan alami yang terkandung didalam oleoresin jahe yang dibutuhkan dalam modifikasi pati)

Begitu juga dengan kayu manis yang dapat membantu melawan peradangan, namun konsumsi kayu manis atau rempah-rempah yang lain dalam jumlah yang berlebihan akan sangat mengganggu pembekuan darah. Selain itu, masih memerlukan penelitian klinis lebih lanjut lagi untuk membuktikan manfaat secara medis.

Beberapa herbal dan rempah lainnya yang mampu berperan sebagai salah satu obat rematik alami, termasuk diantaranya:
#Lada hitam

Bahan rempah sejenis lada hitam ini sangat dipercaya untuk mengatasi rasa ssakit atau bengkak-bengkak sebagai metode obat tradisional. Bahkan melalui satu penelitian telah menunjukan, bahwa ladaa hitam ini memiliki sifat anti-peradangan yang dimana didalamnya tersimpan kandungan Kapsaisin (
merupakan komponen aktif dari cabai, yang merupakan tanaman dari genus Capsicum. Zat ini menyebabkan iritasi pada mamalia, termasuk manusia, sekaligus menghasilkan sensasi terbakar di jaringan mana pun yang bersentuhan dengannya).

#Bawang putih
Meskipun bawang putih ini masih perlu penelitian yang lebih jauh, akan tetapi bahwa melalui studi telah menunjukan bawang putih ini memiliki efek anti-peradangan dikarenakan bisa menghambat produksi zat sitokin yang bisa memicu reaksi radang. 



#Teh hijau
Teh hijau mengandung polifenol yang kaya akan antioksidan yang selalu membantu menjaga kesehatan persendian. Sebuah penelitian bahkan menemukan konsumsi teh hijau dapat meredam aktivitas sistem imun berlebih yang menjadi penyebab rematik. Meski demikian, khasiat ini masih perlu ditelaah lebih lagi dan berlanjut secara klinis.



Pengobatan Rematik Secara Alami dengan Terapi
Menerapakan pola hidup yang sehat, menjaga berat badan seekaligus istirahat yang cukup merupakan keutamaan jika ingin memanfaatkan obat alami guna kesembuhan reumatik anda. Usahakan waktu untuk tidur delapan jam setiap malam. Jika tidur di malam hari serasa kurang cukup, anda bisa juga melakukan tidur siang untuk menutupi kebutuhan istirahat anda.

Ada beberapa dokter menganjurkan dengan cara mengompres dengan air hangat dan air dingin sekedar mengurangi nyeri persendian yang disebabkan rematik. Waktu yang dianjurkan dokter untuk mengompres cukup 15 menit disetiap terapi menggunakan alat kompres yang khusus, dan bisa juga dengan handuk yang sudah direndam terlebih dahulu dengan air dingin atau hangat.

Ada jenis terapi yang dipercaya bisa membantu mengatasi rematik sekaligus sebagai pengobatan rematik tradisional. Walau demikian, sebelum melakukanan  proses terapi seharusnya melakaukan konsultasi terleebih dahulu dengan dokter maaupun terapis yang berpengalaman dibidangnya.

- Jenis terapi relaksasi otot progresif
Dengan melakukan relaksasi otot, biasanya dikombinasi dengan latihan nafas, narik nafas pada saat mulai relaksasi, yang kemudian buang nafas setelah selesai relakasasi.
sumber : https://chyrun.com/
Kita bisa awali dengan melakukan cara mengencangkan otot, lalu melemaskan otot kembali, kita bisa ulangi aktivitas ini dalam beberapa kali. Mulailah relaksasi dari mulai otot wajah, dilanjutkan ke bagian leher, dada, lengan perut sampai kaki. Atau, dapat dilakukan sebaliknya.

- Meditasi
meditasi pernapasan
sumber : https://doktersehat.com/
Teknik meditasi merupakan salah satu teknik paling sederhana yang memusatkan perhatian pada pernapasan. Anda hanya memperhatikan setiap melakukan menghirup napas dan buang napas. Dengan latihan yang cukup , siapa pun bisa melakukannya, meskipun pada awalnya hanya mampu memusatkan pikiran beberapa detik saja.

- Tai chi
sumber : https://www.livescience.com/38063-tai-chi.html
Tai chi didominasi  dengan gerakan yang lembut, kehati-hatian, serta pernapasan dalam. Terapi ini melatih pikiran, tubuh dan jiwa, sekaligus membantu otot-otot menjadi lentur. Dari sebuah penelitian menunjukkan, tai chi ini sangat bermanfaat bagi sendi penderita rematik.

- Akupunktur
terapi akupuntur
sumber : https://www.cnnindonesia.com/
Jenis terapi secara tradisional yang ini adalah dengan metode tusuk jarum ukuran kecil pada permukaan kulit guna memperbaiki ketidaksetabilan energi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwasanya terapi akupunktur ini sangat membantu mengurangi rasa sakit, terutama pada punggung.

Meski pada umumnya herba tergolong aman untuk dikonsumsi, sebaiknya konsultasikan terlebih ddahulu ke dokter sebelum menggunakan sebagai obat rematik yang alami. 

Artikel terkait : 
Jenis makanan yang harus dibatasi bagi pengidap rematik dan asam urat.
Jenis makanan pantangan bagi yang mengidap asam urat

Sumber artikel : https://www.alodokter.com/
Demikian artikel mengenai obat tradisional ampuh sembuhkan rematik dan sebagai terapi, shara artikel ini biar semuanya tau, terimakasih atas kunjungannya.

No comments:
Write komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Sopan dan Bantu Share Artikel ini, agar yang lain bisa tau. Terimakasih