Saturday, February 29, 2020

Cara Setting dan Design di CorelDraw Secara Otomatis

Tidak semua pengguna komputer memiliki aplikasi CorelDraw, dan biasanya parogram CorelDraw hanya dimiliki paling banyak oleh orang-orang yang seringkali mengerjakan pekerjaan setting dan design. Jarang sekali pemilik komputer kalangan dirumah-rumah memasang CorelDraw, padahal aplikasi ini sangat membantu sekali untuk menyelesaikan pekerjaan komputer, semisal setting ataupun design logo-logo perusahaan dan lain sebagainya.
Memang tidak dipungkiri juga, pekerjaan design ataupun setting suatu pekerjaan yang tidaklah mudah, maka tidak heran banyak orang mencari jasa-jasa setting untuk sekedar menyelesaikan pekerjaannya, baik itu setting kop surat, kartu nama dan lain sebagainya terkait simbol-simbol perusahaan. Mengapa banyak orang lebih memilih jasa setting?, sedangkan untuk menyewa jasa setting lumayan mahal ongkosnya.
Baiklah, saya tidak akan membahas serius tentang jasa ongkos setting, toh jika orangnya mau bayar kenapa enggak. Jujur saya sendiri pun agas sedikit malas untuk mengerjakan pekerjaan setting dan design, dimana kedua pekerjaan iti harus dikerjakan penuh dengan ketelitian dan kesabaran. 

Maka dari itulah saya akan sedikit paparkan disini, khusus untuk anda yang enggan atau malas mengerjakan penyettingan, yaitu bagaimana cara setting maupun design secara otomatis didalam aplikasi CorelDraw nya langsung.

Maka untuk kalangan perkantoran, sekolahan atau instansi-instansi pemerintahan saya yakin jarang sekali komputer dikantornya sudah terpasang CorelDraw nya, selain agak sukar digunakan, karena CorelDraw ini berbeda dengan office lainnya semisal word atau Excel. 

Anda bisa mendownload nya langsung disini, berbayar ataupun yang gratis selama 15 hari penggunaan/ Trial. Kalau saya sarankan lebih baik anda menggunakan yang berbayar, kenapa?, menggunakan yang berbayar akan jauh lebih nyaman dan komplit ketimbang yang trial, yang trial hanya bisa digunakan dalam waktu 15 hari saja, selebihnya anda dianjurkan untuk membayarnya.

Cara Termudah Setting dan Design didalam CorelDrawnya Secara Langsung.
Baiklah, pertama-tama saya akan infokan terlebih dahulu, tentang apa apa sajakah yang bisa disetting secara otomatis didalam CorelDraw nya langsung, karena tidak semua file bisa disetting, misalnya file-file dengan gambar full collor atau sparasi, contohnya seperti gambar dibawah ini dengan tanda silang.
File-file yang mudah disetting secara otomatis dari CorelDrawnya langsung file yang tidak tardapat warna-warna, maka akan lebih mudah disetting bentuk tulisan atau gambar-gambar dengan tampilan sederhana, misalnya gambar tanpa warna atau hitam putih, seperti gambar diatas ini dengan tanda centang hijau.


Bukannya gambar yang berwarna tidak bisa disetting otomatis, tapi akan lebih mudah yaitu gambar hitam putih, sedangkan warna hanya bisa jenis gambar-gambar yang tidak banyak mengusung unsur warna, sebab jika gambar yang full warnanya jika disetting secara otomatis bisa dilakukan akan tetapi hasilnya akan kurang jelas. Dan untuk semua jenis tulisan seperti apapun, semuanya bisa anda coba dengan cara setting otomatis.

Cara Setting Otomatis Langsung di CorelDraw.
Baik, saya biasa setting otomatis menggunakan CorelDraw 7, dan saya jarang menggunakan Corel lainnya, mudah-mudahan corel yang anda punya sama didalamnya sudah tersimpan fitur untuk setting otomatis didalamnya. 

Pertama-tama yang harus anda lakukan yaitu membuka aplikasi CorelDraw nya, lalu simak baik-baik petunjuk gambar-gambar screenshoot dibawah ini :
  1. Masukan file gambar atau tulisan kedalam aplikasi CorelDraw, kemudian klik bagian gambar agar supaya fitur atau menu "Trace Bimap" nya muncul.
2. Kemudian cari menu "Trace Bimap", sesuai dengan petunjuk tanda anak panah berwarna merah.
  • Pilihlah menu bagian paling bawah "Outline Trace"
  • Lalu klik menu Line Art
Setelah itu akan muncul proses setting dengan sendirinya, seperti contoh dibawah ini :
Setelah proses loading settingnya selesai, klik OK.

Setelah klik Ok, maka tampilan akan kembali seperti biasa, lalu anda bisa mengeklik gambar yang sudah anda setting otomatis, tujuannya untuk memisahkan gambar yang sudah anda setting dengan gambar aslinya, seperti contoh gambar dibawah.
Jadi bagaimana anda mengetahui gambar yang sudah disetting otomatis, yaitu dengan mengeklik tanda silang merah kecil bagian dasbor CorelDraw, dengan maksud untuk Ungroup, memecahkan gambar menjadi beberapa bagian guna memudahkan anda untuk mewarnai bagian mana sajakah gambar rumah tersebut yang ingin anda berikan warna.

Maka untuk memunculkan fitur silang merah kecil, yaitu dengan cara mengeklik file yang sudah disetting, maka munculah bagian atas untuk memisahkan beberapa bagian settingan guna memudahkan anda mengapresiasi dengan banyak warna pada gambar rumah tersebut, perhatikan petunjuk dibawah ini.
Setelah anda klik tanda silangnya, maka gambar yang sudah anda setting secara otomatis bisa anda atur dibagian beberapa aspek, baik itu soal garis warna, dan lain sebagainya.

Artikel terkait : 
Cara mudah mengganti semua warna line dan tulisan melalui CorelDraw
Tool atau shortcuts pencarian cepat saat menggunakan microsoft words

Mungkin hanya itu yang bisa saya suguhkan untuk kalian semua, saya yakin anda akan lebih mudah dan terarah jika dengan cara anda sendiri, mudah-mudahan sedikit artikel ini bisa bermanfaat untuk anda semua.

No comments:
Write komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Sopan dan Bantu Share Artikel ini, agar yang lain bisa tau. Terimakasih